Tips Kerja

Persyaratan Lamaran Kerja untuk Freshgraduate dan Berpengalaman

Lokersemarang.co.id − Setiap iklan lowongan kerja pasti memiliki persyaratan-persyaratan tertentu untuk memastikan pelamar kerja memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Anda harus bisa melengkapi semua persyaratan lamaran kerja yang diminta jika ingin lolos seleksi administrasi.

Persyaratan yang diminta mungkin berbeda antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya. Namun, lamaran pekerjaan yang umum akan meminta pelamar untuk melengkapi beberapa berkas persyaratan seperti berikut.

Persyaratan Melamar Pekerjaan yang Wajib Disiapkan

Bagi Anda yang sudah sering melamar kerja ke sana kemari mungkin sudah hafal apa saja yang perlu disiapkan. Jika Anda merupakan fresh graduate atau baru pertama kali mencoba melamar kerja, berikut beberapa berkas yang sebaiknya dipersiapkan.

1. Surat Lamaran Kerja (Application Letter)

Salah satu persyaratan lamaran kerja yang paling umum tentu saja surat lamaran kerja. Dokumen penting yang berisi perkenalan diri secara singkat dan menjelaskan minat terhadap posisi tertentu yang sedang dibuka oleh perusahaan.

Tulis surat lamaran kerja dengan format yang baik dan bahasa baku. Penulisan harus jelas dan sebaiknya hindari coretan, typo, atau bekas dihapus agar surat lamaran kerja Anda terlihat rapi dan jelas.

Ada juga cover letter atau surat pengantar yang isinya lebih singkat. Dalam cover letter biasanya terdiri dari beberapa paragraf yang menjelaskan alasan melamar kerja

Dalam menulis dokumen yang menjadi syarat lamaran kerja ini sebaiknya tidak asal comot atau copy paste dari internet. Selalu cek ulang surat lamaran kerja yang sudah Anda buat sebelum dikirim.

2. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)

Daftar riwayat hidup yang biasa disebut CV merupakan berkas lamaran kerja lainnya yang perlu disiapkan. Dokumen ini biasanya diminta untuk mengetahui keterampilan dan pengalaman yang dimiliki oleh pelamar kerja.

Dalam membuat CV, Anda bisa memasukkan data diri seperti nama, alamat email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Selain itu, Anda juga perlu memasukkan riwayat pendidikan dan kemampuan yang dimiliki.

Apabila Anda sudah pernah bekerja atau magang sebelumnya di sektor yang berkaitan dengan posisi yang dilamar, Anda juga bisa menyertakan pengalaman kerja.

3. Ijazah dan Transkip Nilai

Perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan kualifikasi tertentu agar bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik. Salah satunya seperti pendidikan yang menjadi persyaratan lamaran kerja.

Ada lowongan kerja untuk SMA, SMK, S1, dan lainnya. Untuk membuktikan bahwa Anda memang sudah menempuh pendidikan formal seperti yang dicantumkan di info loker, Anda perlu melampirkan ijazah terakhir dan transkip nilai.

Jika memiliki sertifikat atau piagam penghargaan tertentu, bisa juga dilampirkan dalam lamaran kerja Anda. Sertifikat yang Anda lampirkan bisa saja menjadi nilai tambah dan pertimbangan HRD atau perekrut.

4. Pas Foto Terbaru

Bagaimana perusahaan bisa tahu siapa yang melamar loker yang sedang dibuka? Tentu melalui foto yang menjadi syarat melamar kerja. Biasanya untuk melamar kerja menggunakan pas foto dengan ukuran tertentu seperti 4×6 sebanyak 2-3 lembar.

Ingat, beberapa perusahaan mungkin mensyaratkan untuk menggunakan pas foto terbaru. Silakan Anda menggunakan foto terbaru yang bagus dan terlihat profesional. Tampilan Anda di dalam foto bisa saja menjadi pertimbangan HRD untuk menentukan lamaran kerja diterima atau tidak.

5. Fotokopi Kartu Identitas

Identitas pribadi juga menjadi salah satu persyaratan melamar kerja yang paling umum. Dokumen ini bisa berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) atau sesuai permintaan perusahaan.

Jika lamaran kerja dikirim ke kantor, dokumen identitas pribadi dapat dikirim dalam bentuk fotokopi. Sedangkan untuk lamaran kerja yang dikirim via email biasanya menggunakan scan kartu identitas asli.

6. Portofolio

Jika lowongan kerja yang Anda incar merupakan posisi menjanjikan atau bidang pekerjaan profesional, alangkah baiknya untuk menyertakan portofolio. Berkas persyaratan lamaran kerja ini berisi riwayat pekerjaan dan pencapaian atau hasil karya yang pernah dibuat di pekerjaan sebelumnya.

Portofolio juga menjadi dokumen penting untuk membuktikan skill atau kemampuan yang Anda cantumkan pada daftar riwayat hidup. Melalui portofolio ini Anda dapat menunjukkan kelebihan yang membedakan Anda dengan kandidat yang lain.

Buat portofolio yang bagus dan profesional agar dapat menarik perhatian HRD atau perusahaan. Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, portofolio bisa diisi dengan pengalaman selama magang atau di organisasi.

7. Fotokopi SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) juga menjadi salah satu dokumen yang sering diminta sebagai persyaratan kerja. Dengan SKCK, membuktikan bahwa Anda tidak pernah melakukan tindakan kejahatan atau kriminal secara hukum negara.

Kebanyakan perusahaan yang meminta SKCK, hanya surat keterangan yang dikeluarkan oleh polsek setempat. Namun, ada juga perusahaan yang mengharuskan SKCK dari polres atau bahkan polda.

Membuat SKCK cukup mudah dan biasanya bisa langsung jadi. Sekarang pembuatan SKCK juga bisa dilakukan online. Untuk dokumen melamar kerja, SKCK yang dikirim atau dilampirkan adalah bentuk salinan yang dilegalisir oleh petugas kepolisian.

8. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja

Pernah melihat iklan lowongan kerja yang syaratnya pelamar harus memiliki pengalaman beberapa tahun? Bagi beberapa posisi tertentu, memang banyak perusahaan yang lebih memilih calon tenaga kerja yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Tentu Anda tidak bisa asal menyebutkan bahwa Anda memiliki pengalaman kerja. Semua itu harus dibuktikan dengan surat pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya. Anda bisa mengirimkan fotokopi surat tersebut sebagai persyaratan lamaran kerja agar menjadi nilai tambahan di mata perekrut.

Jadi, untuk Anda yang resign atau keluar dari perusahaan sebaiknya tidak lupa untuk meminta surat pengalaman kerja agar bisa digunakan saat melamar pekerjaan baru. Perusahaan besar dan perusahaan yang bergerak di industri kreatif banyak yang mensyaratkan dokumen ini untuk dilampirkan.

9. Fotokopi Surat Keterangan Sehat

Bukan hanya syarat pendidikan, perusahaan biasanya juga akan mencari calon tenaga kerja yang memenuhi syarat kesehatan sesuai kebijakan. Misalnya, tidak pernah menggunakan narkotika, tidak memiliki riwayat operasi tertentu atau memiliki penyakit yang dapat mengganggu produktivitas kerja.

Apabila syarat melamar pekerjaan meminta Anda menyertakan surat keterangan sehat. Anda bisa membuatnya di fasilitas kesehatan pemerintah seperti puskesmas dan RSUD.

10. Kartu AK1

Kartu AK1 atau kartu kuning merupakan kartu pencari kerja yang dikeluarkan oleh Disnaker. Dokumen ini berisi data diri pencari kerja yang terdaftar di dinas ketenagakerjaan.

Tidak semua lowongan kerja mensyaratkan kartu kuning. Namun, biasanya untuk lowongan kerja di instansi pemerintah membutuhkan dokumen ini sebagai persyaratan yang wajib dilengkapi.

Kartu kuning atau kartu pencari kerja sendiri memiliki masa berlaku. Biasanya 6 bulan dan bisa diperpanjang di kantor Disnaker tiap kabupaten.

Itulah beberapa persyaratan lamaran kerja yang paling umum diminta oleh perusahaan atau perekrut yang membuka lowongan kerja. Perhatikan dengan teliti apa saja yang menjadi persyaratan ketika Anda hendak melamar pekerjaan. Daftar dan jangan lupa lengkapi semua berkas persyaratan yang diminta tersebut.


Agar tidak melewatkan informasi lowongan kerja terbaru di Semarang, gabunglah dengan Channel Telegram Lokersemarang.co.id. Channel tersebut menyediakan informasi lowongan kerja terbaru dengan update yang cepat dan akurat. Bergabunglah sekarang juga untuk mendapatkan kesempatan terbaik dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minatmu.

Join Grup Telegram

Back to top button